2019-11-22

Tingkatkan Layanan Masyarakat melalui Pengembangan Kompetensi Literasi

BPTP SUMATERA SELATAN
...

PALEMBANG - Bertempat di Aula BPTP Balitbangtan Sumsel pada hari ini (22/11/2019), Fungsional dan Staf BPTP Balitbangtan Sumsel mengikuti Sosialisasi Literasi yang dilaksanakan oleh Tim Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Kementerian Pertanian, Bogor.

Literasi adalah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca, kemampuan literasi yang baik diperlukan agar mampu memilah dan tidak terjebak dalam informasi yang salah.

Kegiatan sosialisasi literasi hari ini merupakan hari kedua, setelah sebelumnya Tim PUSTAKA bekerjasama dengan BPTP mensosialisasikan literasi kepada Penyuluh Daerah dalam acara Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian di SMK Pertanian Pembangunan Sembawa, Banyuasin.

Acara Sosialisasi dihadiri Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel (Dr. Atekan), Kasubag. Tata Usaha (Susilawati, SP., MSi), dan Tim Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian (Dr. Riko Bintari Pertamasari, Dr. Bambang Winarko, dan Herwan Junaidi, S.Kom) sebagai narasumber.

Dr. Atekan dalam arahannya menyampaikan bahwa acara ini sangat penting, karena banyak hal terkait informasi teknologi yang mungkin belum atau tidak diketahui. Apresiasi Beliau berikan kepada Tim PUSTAKA dan berharap apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat dalam pengembangan kapasitas SDM BPTP Balitbangtan Sumsel, yang pada akhirnya terpacu dalam meningkatkan layanan ke masyarakat. “Sekecil apapun perubahan itu, Saya sangat mengapresiasi” tutur Beliau.

Beliau juga berharap Tim PUSTAKA dapat menyampaikan update informasi yang ada di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kementerian Pertaniaan saat ini.

Mengawali acara sosialisasi, Dr. Riko Bintari Pertamasari selaku Kepala Bidang Perpustakaan memaparkan mengenai “Pengenalan PUSTAKA”, selain itu disampaikan juga rencana PUSTAKA ke depan diantaranya layanan Perpustakaan akan dikembangkan berbasis inklusi sosial: Pustaka On The Spot, Library as a second home, dan literasi untuk semua.

Selain materi, dipandu Dr. Bambang Winarko dan Herwan Junaidi, S.Kom para peserta juga melakukan praktek langsung mencari informasi melalui berbagai sumber. (YJ, SH)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://sumsel.litbang.pertanian.go.id/web/berita-tingkatkan-layanan-masyarakat-melalui-pengembangan-kompetensi-literasi.html#ixzz65zJ4ZTNe