2020-03-05

Bimtek Pengelolaan Kesuburan Lahan

BPTP SUMATERA SELATAN
...

LAHAT - Kabut yang turun dari puncak gunung Dempo tidak menghalangi tim Narasumber menuju lokasi BIMTEK sekaligus mengawali pelaksanaan BIMTEK di Sumatera Selatan yang dilaksanakan pada Hari Selasa (03/03/2020). Tim narasumber tidak kalah semangat dari seluruh peserta demi masa depan pertanian yang lebih maju.

BIMTEK berlangsung di BPP Pajar Bulan Kecamatan Pajar Bulan, Sumatera Selatan. Peserta BIMTEk terdiri dari penyuluh lapangan, penyuluh swadaya, petugas dinas kabupaten, dan beberapa perwakilan petani. Acara dibuka oleh Koordinator fungsional kabupaten Bapak Kustianto, SP mewakili Kepala Dinas Pertania Kabupaten Lahat.

Acara bimtek yang merupakan kegiatan BPPSDMP ini didukung oleh narasumber yang berasal dari Balai Penelitian Tanah dan BPTP Balitbangtan Sumsel (Dr. IGM Subiksa dan Ir. NP. Sri Ratmini, MSc) menyampaikan materi mengenai pengelolaan kesuburan lahan, dan dilanjutkan dengan praktek penggunaan alat perangkat uji pupuk dan perangkat uji tanah sawah.

Pada kesempatan ini Dr. Subiksa menyampaikan pentingnya pemupukan terhadap tanaman namun dalam jumlah sesuai kebutuhan tanaman untuk mendapatkan produksi padi optimum, untuk itu perlu diketahui tingkat kesuburan tanah. Tingkat kesuburan tanah dapat diketahui lebih cepat dan mudah dengan menggunakan perangkat uji tanah yaitu perangkat uji tanah sawah (PUTS) dan PUTR untuk lahan rawa. Inovasi ini dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanah Bogor. Tidak hanya itu, Balitanah juga menghasilkan alat untuk uji pupuk secara cepat yaitu PUP.

Pada kesempatan ini peserta BIMTEK juga diberikan informasi bahwa untuk mendapatkan data kesuburan tanah yang sesuai maka kuncinya adalah ketepatan dalam pengambilan contoh tanah yang akan diuji.

Peserta sangat antusias mengikuti BIMTEK baik materi kelas maupun praktek. Saat praktek langsung dicontohkan bagaimana cara pengambilan contoh tanah yang akan diuji, pengujian pupuk dan juga pengujian tingkat kesuburan tanah. Seluruh peserta sangat aktif dan komunikatif selama berlangsungnya acara.

Selasai di Kabupaten Lahat, BIMTEK juga dilaksanakan di Kab. Muara Enim oleh Tim lainnya. Semoga pelaksanaan BIMTEK ini dapat meningkatkan pengetahuan petugas lapangan sebagai ujung tombak pertanian. (NPS, SBS, MDS, SH)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://sumsel.litbang.pertanian.go.id/web/berita-bimtek-pengelolaan-kesuburan-lahan.html#ixzz6Fry0i3lZ