2020-03-05

Penyuluh Bptp Sumsel Ikuti Bimtek Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Penyuluh Pertanian PNS

BPTP SUMATERA SELATAN
...

DEPOK - Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumsel (Ir. Dedeh Hadiyanti, MSi) mengikuti Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Penyuluh Pertanian PNS.

Bimtek dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan Pertanian pada tanggal 2 - 4 Maret 2020 bertempat di Hotel Santika Depok, Jawa Barat. Bimtek diikuti oleh perwakilan Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dari 34 Provinsi Penyuluh Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten yang menyelenggarakan fungsi penyuluhan, Penyuluh Pertanian BPTP dari 34 provinsi, Penyuluh Pertanian BBP2TP dan Penyuluh Pertanian di Pusat.

Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian (Prof. Dr.Ir. Dedi Nursyamsi M.Agr) membuka secara resmi pelaksanaan Bimtek. "Penyuluh adalah otaknya petani, sumber inspirasi petani dan sumber referensi petani, sehingga baik buruknya petani mencerminkan penyuluhnya". Ungkap Dedi Nursyamsi dalam arahannya.

Peserta bimtek mendapatkan materi dari Kapusluh (Dr. Ir. Lely Nuryati M.Sc) mengenai kebijakan Pembangunan Pertanian Mendukung Kostratani. Kostratani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan, yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dengan memanfaatkan IT dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Kostratani sebagai pusat data dan informasi mengidentifikasi dan verifikasi data kelembagaan petani di wilayah binaan penyuluh pertanian, sehingga data valid dan akurat. Data tersebut didapat melalui SIMLUHTAN.

Selain materi di atas, para peserta juga mendapatkan enam materi menarik lainnya yang berhubungan dengan Penyuluhan Pertanian. (DH, MDS, SH)

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://sumsel.litbang.pertanian.go.id/web/berita-penyuluh-bptp-sumsel-ikuti-bimtek-penguatan-kapasitas-dan-kompetensi-penyuluh-pertanian-pns.html#ixzz6Fs0lDO00