2020-06-02

Di Tengah Covid 19 IP2TP Karang Agung Tetap Berproduksi

BPTP SUMATERA SELATAN
...

KARANG AGUNG - Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor terhenti dan menimbulkan kekhawatiran terhadap produksi pangan. Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya dalam menjaga ketahanan pangan dengan menyediakan bahan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia.

IP2TP Karang Agung juga berupaya untuk mewujudkan komitmen tersebut dengan melaksanakan kegiatan pembudidayaan padi di lahan pasang surut. Memanfaatkan lahan seluas 9 ha dengan menggunakan varietas Inpara 2, Inpari 43 dan varietas lokal Regas, tim IP2TP Karang Agung yang dikomandoi oleh Bapak Basaruddin Nasution menanam dengan teknik budidaya tanam pindah dan hambur/tabur benih langsung.

Dalam teknik budidaya hambur, salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah penyulaman padi pada bagian lahan yang populasi nya terlalu padat untuk dipindahkan ke tempat dengan populasi yang lebih sedikit. Diharapkan nantinya hasil panen padi dari kegiatan pembudidyaan padi di IP2TP Karang Agung dapat memenuhi kebutuhan padi masyarakat sekitar.

Sesuai dengan arahan Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel (Dr. Atekan), kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol Civid-19. (MDS, SH)


 

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :
http://sumsel.litbang.pertanian.go.id/web/berita-di-tengah-pandemi-covid-19-ip2tp-karang-agung-tetap-berproduksi.html#ixzz6OAtI4Iac